Ria Ricis, Tuduhan Eksploitasi, Dan Kekuatan Netizen

46

Jakarta, PIS – Kalo denger nama Ria Ricis pasti udah pada ngeh ya. Dia disebut sebagai youtuber dengan pelanggan terbanyak se Asia Tenggara. Gimana nggak subscriber youtubenya aja 30 jutaan orang.

Bisa dibilang dia ini selebrita media sosial papan atas di Indonesia. Dia juga pernah dinobatkan sebagai selebgram dengan penghasilan tertinggi. Infonya, penghasilannya dari berbagai media sosial ini mencapai miliaran rupiah per bulan.

Tapi kali ini, dia lagi kesandung masalah karena konten medsosnya. Jadi ceritanya, dia ini sedang liburan di Bali dengan keluarga. Perjalanannya dia rekam untuk dijadikan konten. Nah ada salah satu videonya, dia sama suaminya ngajak anak perempuannya bernama Moana, naik jet ski ke tengah laut.

Jadi Teuku Rian di depan yang nyetir jet ski, Ricis di belakang. Beberapa kali terlihat Moana digendong Rian, bahkan diangkat tinggi-tinggi. Usia Moana ini baru lima bulan lho! Yang buat heboh di tengah video, Moana nggak pakai pelampung, sementara Ricis dan suaminya pakai.

Akhirnya, konten itu mendapat banyak banget respon negativenya. Banyak netizen yang bilang, kok Ricis mengabaikan keselamatan Moana? Bahkan Ricis dianggap melakukan itu semua demi konten.

Netizen mengingatkan, tindakan Ricis dan suami itu terlalu berbahaya. Ada yang bilang membawa bayi lima bulan dengan jet ski saja sudah berbahaya. Apalagi ini tanpa pelampung, apalagi sang bayi diangkat-angkat ke udara.

Dan yang paling banyak adalah yang mempertanyakan bagaimana kalau Moana sampai kecebur. Ricis dianggap kurang bertanggungjawab sebagai orangtua. Komentar-komentar ini memang bisa saja sebagian datang dari hatersnya Ricis.

Jadi kritiknya bisa saja sebagian datang dari yang nggak suka sama Ricis. Maklumlah, dengan fans puluhan juta itu, pasti banyak juga yang nggak suka sama Ricis. Tapi kalau dibaca-baca isi komentarnya, rasanya sih sebagian besar valid.

Para netizen ini memang peduli dengan nasib Moana. Mereka mengecam Ricis karena tidak kasihan sama sang putri, dan khawatir Ricis ngasih contoh yang buruk. Bukan cuma Netizen yang bersuara.

Aktivis perlindungan anak dari Komnas Anak, Arist Merdeka Sirait pun bersuara. Dia menyatakan pelibatan anak 5 bulan dalam kegiatan ekstrem, tidak layak dilakukan. Apalagi kalau itu dilakukan demi konten.

Aris menyebut apa yang dilakukan Ricis tergolong eksploitasi anak. Berita ini juga sampai menarik perhatian media asing. Sebuah media terkemuka berbasis Hongkong, South China Morning Post memberitakan derasnya kecaman terhadap Ricis.

Media itu memberitakan memang nggak ada aturan baku tentang siapa yang bisa menggunakan jet ski. Tapi pabrik jet ski sendiri merekomendasikan seluruh penumpang harus bisa menyentuh lantai jet ski secara aman dengan dua kakinya.

Media Amerika Serikat yang memiliki cabang di Singapura, Insider, juga menyoroti aksi Ricis. Insider menyebut sebelum aksi Ria Ricis, sudah ada orang tua yang bertindak serupa.

Misalnya saja di Amerika Serikat, ada video yang menggambarkan anak berusia 6 tahun di bawa orangtuanya bermain ski air. Aksi itupun mendapat protes keras di internet.

Dengan kata lain, Ricis tidak usah baper-baper amatlah. Di mana-mana juga, kalau ada tindakan orangtua yang dianggap membahayakan anak, netizen pasti bereaksi.

Sayangnya, Ricis terkesan nggak mau disalahkan. Di instagramnya, dia bahkan menjawab dengan respons yang tidak relevan. Dia bilang dia lebih kasihan pada Moana yang nangis kejer sampai mukanya merah setiap kali diajak naik mobil.

Melalui IG-nya, Ricis malah menampilkan chat percakapannya dengan dokter spesialis yang menangani Moana. Dokter itu memuji perkembangan Moana dan menyebutnya seperti bayi tujuh bulan.

Moana sudah bisa merangkak dan makan tiga kali sehari. Ricis juga minta netizen tidak merisaukan kondisi Moana. Bahkan Ricis bilang ia minta maaf jika cara mengasuh putrinya itu nggak sebaik dengan ibu-ibu di luaran sana.

“Maaf ya Moana. Parenting ibu memang gak sebagus ibu-ibu yang lain,” kata Ricis seperti menyindir netizen yang mengeritiknya. Tapi pembelaan juga datang dari para pecinta Ricis. Ketika kritik masuk ke kolom komentar IG Ricis, para pendukung Ricis langsung menjawab.

Mereka rame-rame berkomentar kritik ke Ricis itu berlebihan. Mereka bilang pasti Ricis sudah memperhitungkan keamanan Moana saat naik jet ski. Ada yang menambahkan: “Buktinya Moana aman dan nggak kenapa-kenapa kan? Lagian Moana naiknya cuma sebentar dan jalannya pun pelan-pelan.”

Serangan juga ditujukan kepada akun @gerakanpis. PIS membuat video pendek yang mempertanyakan tindakan Ricis membawa Moana naik jet ski. Konten PIS itu langsung dapet serangan balik.

Para fans Ricis dengan akun @thericisofficialindonesia menghubungi admin akun PIS. Fans Ricis menuduh PIS menggiring opini publik bahwa Ricis itu orangtua yang nggak memperhatikan keselamatan anaknya.

Mereka juga menyatakan tidak benar Moana tidak menggunakan pelampung. Mereka menuduh PIS dengan sengaja memotong video lengkapnya sehingga terkesan Moana tidak menggunakan pelampung.

Bahkan mereka bilang aksi Ricis itu dilakukan untuk mendorong Moana menjadi anak yang berani. Mereka menuntut akun PIS mentakedown video itu. PIS tentu saja menolak karena jelas-jelas kelihatan kok, Moana nggak menggunakan pelampung.

Yang terjadi sama kasus Ricis ini kembali menunjukkan kekuatan netizen dalam mengawasi para selebritis internet. Oh ya, ini tuh bukan pertama kali ya Ricis dikecam gara-gara postingannya.

Sebelumnya Ricis juga diprotes gara-gara memposting adegan dia mencoba mengenakan hijab dengan menegakkan kepala Moana saat masih berusia satu bulan. Kecaman juga berdatangan ketika Ricis membawa Moana ke mall pada saat masih berusia beberapa minggu.

Kali ini, Ricis dan suami pun minta maaf. Kita tentu berharap, para netizen tidak bosan-bosan menjadi pengeritik perilaku para selebritis. Kita juga berharap bintang seperti Ricis tidak mengabaikan begitu saja masukan dari para fansnya. Ricis dan kawan-kawannya kan menjadi besar karena para penggemarnya. Harusnya sih pantes mereka dengerin kritikan yang ada.